Tafsir Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 23 - 24 | Tantangan Kepada Kaum Musyrikin Mengenai Al-Quran

Tafsir Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 23 - 24 | Tantangan Kepada Kaum Musyrikin Mengenai Al-Quran

Kaum musyrikin adalah golongan yang menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Sedangkan dalam Islam jelas bahwa tidak ada sekutu bagi Allah yang merupakan Tuhan Yang Maha Esa, tunggal atau berdiri sendiri.

Kaum musyrikin ini tidak mengaku dan mempercayai al-Quran sebagai firman Allah – kalam suci yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw, sebagai mukjizat dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Ketidak percayaan golongan ini sehingga Allah swt. dalam al-Quran menantang mereka untuk membuat satu surat yang semisal dengan al-Quran. Namun sepanjang sejarah peradaban manusia, belum ada yang mampu membuat satupun buku yang dapat menyaingi kehebatan al-Quran.

Baca juga: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 22-23

Berikut ini tafsir surat al-Baqarah ayat 23-24 tentang tantangan kepada kaum musyrikin mengenai al-Quran.

Tafsir Surat al-Baqarah Ayat 23


وَإِن كُنتُمۡ فِي رَيۡبٖ مِّمَّا نَزَّلۡنَا عَلَىٰ عَبۡدِنَا فَأۡتُواْ بِسُورَةٖ مِّن مِّثۡلِهِۦ وَٱدۡعُواْ شُهَدَآءَكُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ صَٰدِقِينَ  

Artinya: Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.

Dalam ayat ini Allah swt menyatakan: Jika kamu sekalian masih ragu-ragu tentang kebenaran Al-Qur'an dan mendakwakan Al-Qur'an buatan Muhammad, cobalah buat satu surah saja semisal) ayat-ayat Al-Qur'an itu). Kalau benar Muhammad yang membuatnya, niscaya kamu tentu sanggup pula membuatnya karena kamu pasti sanggup melakukan segala perbuatan yang sanggup dibuat oleh manusia. Ajak pulalah berhala-berhala yang kamu sembah dan pembesar-pembesarmu untuk bersama-sama dengan kamu membuatnya, karena kamu mengakui kekuasaan dan kebesaran mereka.

Kemudian Allah menegaskan, jika kamu benar dalam pengakuanmu itu, tentu kamu sanggup membuatnya, tetapi kamu adalah orang-orang pendusta. Al-Qur'an itu benar-benar diturunkan dari Allah, karena itu mustahil manusia dapat membuatnya. Ayat ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an itu adalah mukjizat yang paling besar bagi Muhammad saw.

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 24


فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُواْ وَلَن تَفۡعَلُواْ فَٱتَّقُواْ ٱلنَّارَ ٱلَّتِي وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُۖ أُعِدَّتۡ لِلۡكَٰفِرِينَ  

Artinya: Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) - dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.

Ayat ini menegaskan bahwa semua makhluk Allah tidak akan sanggup membuat tandingan terhadap satu ayat pun dari ayat-ayat Al-Qur'an. Karena itu hendaklah manusia memelihara dirinya dari api neraka dengan mengikuti petunjuk-petunjuk Al-Qur'an. Hal ini ditegaskan dalam firman Allah swt:

Katakanlah, "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa (dengan) Al-Qur'an ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain." (al-Isra'/17: 88). (Tafsir Kemenag)

Posting Komentar

0 Komentar