Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Pesan Allah kepada Nabi Musa as. yang Harus Ditaati

10 Pesan Allah kepada Nabi Musa as. yang Harus Ditaati

Allah swt. Tuhan semesta alam, telah mengutus begitu banyak Nabi dan Rasulnya untuk menyampaikan risalahnya diatas muka bumi. Ada sebagian nabi dan rasul yang dicertikan kisahnya dan ada sebagian yang belum diceritakan kisahnya. Diantara para Rasul Allah itu ada yang mendapat wahyu yang kemudian menjadi kitab, seperti kitab Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Quran. Semua kitab-kitab ini berisi pesan-pesan ilahiyah agar ditaati oleh umat manusia.

Ada sebuah riwayat dari hadis Nabi saw. yang mengisahkan tentang 10 pesan Allah kepada nabi Musa as. yang harus ditaati, dan pesan itu sangat relevan hingga saat ini. 10 pesan dalam riwayat tersebut adalah sebagai berikut.

Abul Laits As-Samarqandi meriwayatkan kepada sanadnya dari Jabir bin Abdillah r.a. berkata Rasulullah saw. pernah bersabda: "Allah S.W.T. telah memberikan kepada Nabi Musa bin Imran a.s. dalam al waah 10 bab yaitu sebagai berikut.

1. Wahai Musa jangan menyekutukan aku (Allah) dengan suatu apa pun bahwa aku telah memutuskan bahwa api neraka akan menyambar muka orang-orang musyrikin.

2. Taatlah kepada-Ku dan kedua orang tuamu nescaya Aku peliharamu dari sebarang bahaya dan akan Aku lanjutkan umurmu dan Aku hidupkan kamu dengan penghidupan yang baik.

3. Jangan sekali-kali membunuh jiwa yang Aku haramkan kecuali dengan hak nescaya akan menjadi sempit bagimu dunia yang luas dan langit dengan semua penjurunya dan akan kembali engkau dengan murka-Ku ke dalam api neraka.

4. Jangan sekali-kali sumpah dengan nama-Ku dalam dusta atau durhaka sebab Aku tidak akan membersihkan orang yang tidak mensucikan Aku dan tidak mengagung-agungkan nama-Ku.

5. Jangan hasad dengki dan iri hati terhadap apa yang Aku berikan kepada orang-orang, sebab penghasut itu musuh nikmat-Ku, menolak kehendak-Ku, membenci kepada pembahagian yang Aku berikan kepada hamba-hamba-Ku dan sesiapa yang tidak meninggalkan perbuatan tersebut, maka bukan daripada-Ku.

6. Jangan menjadi saksi terhadap apa yang tidak engkau ketahui dengan benar-benar dan engkau ingati dengan akalmu dan perasaanmu sebab Aku menuntut saksi-saksi itu dengan teliti atas persaksian mereka.

7. Jangan mencuri dan jangan berzina isteri jiran tetanggamu sebab nescaya Aku tutup wajah-Ku daripadamu dan Aku tutup pintu-pintu langit daripadanya.

8. Jangan menyembelih korban untuk selain dari-Ku sebab Aku tidak menerima korban kecuali yang disebut nama-Ku dan ikhlas untuk-Ku.

9. Cintailah terhadap sesama manusia sebagaimana yang engkau suka terhadap dirimu sendiri.

10. Jadikan hari Sabtu itu hari untuk beribadat kepada-Ku dan hiburkan anak keluargamu. Kemudian Rasulullah S.A.W bersabda lagi : "Sesungguhnya Allah S.W.T menjadikan hari Sabtu itu hari raya untuk Nabi Musa a.s. dan Allah S.W.T memilih hari Juma'at sebagai hari raya untukku."

Demikianlah 10 pesan Allah kepada nabi Musa A.S yang menjadi syariat yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh umatnya.

Posting Komentar untuk "10 Pesan Allah kepada Nabi Musa as. yang Harus Ditaati"