Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Hari Kiamat (Hari Akhir)


Dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang menjelaskan tentang terjadinya hari akhir. Seluruh-ayat-ayat Al-Qur’an tersebut dalam menggambarkan hari akhir menunjukkan bahwa peristiwa pada hari itu sangat dahsyat. Beberapa ayat Al-Qur’an yang menggambarkan hari akhir sebagai berikut.

Surah Al-Hajj Ayat 1-2


يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمۡۚ إِنَّ زَلۡزَلَةَ ٱلسَّاعَةِ شَيۡءٌ عَظِيمٞ ١ يَوۡمَ تَرَوۡنَهَا تَذۡهَلُ كُلُّ مُرۡضِعَةٍ عَمَّآ أَرۡضَعَتۡ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمۡلٍ حَمۡلَهَا وَتَرَى ٱلنَّاسَ سُكَٰرَىٰ وَمَا هُم بِسُكَٰرَىٰ وَلَٰكِنَّ عَذَابَ ٱللَّهِ شَدِيدٞ ٢ 

Artinya: 1) Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat) 2) (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya (Q.S. al-Hajj: 1-2)

Ayat di atas menggambarkan peristiwa hari kiamat yang ditandai dengan guncangan bumi dan alam semesta ini dengan sangat keras. Pada hari itu setiap manusia memikirkan dirinya sendiri. Ia tidak peduli dengan orang lain, bahkan anaknya sendiri.

Surah Az-Zalzalah Ayat 1-2


إِذَا زُلۡزِلَتِ ٱلۡأَرۡضُ زِلۡزَالَهَا ١  وَأَخۡرَجَتِ ٱلۡأَرۡضُ أَثۡقَالَهَا ٢ 

Artinya: 1) Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat) 2) dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya. (Q.S. az-Zalzalah: 1–2)

Tidak ada manusia yang dapat menyelamatkan diri pada hari kiamat. Saat itu bumi akan mengeluarkan bebannya. Bumi tidak lagi dapat menahan bebannya karena memang telah terjadi kerusakan di sana sini.

Surah Al-Haqqah Ayat 14–15


وَحُمِلَتِ ٱلۡأَرۡضُ وَٱلۡجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةٗ وَٰحِدَةٗ ١٤ فَيَوۡمَئِذٖ وَقَعَتِ ٱلۡوَاقِعَةُ ١٥ 

Artinya: 14) dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur 15) Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat (Q.S. al-H. a-qqah  [69]: 14–15)

Gunung-gunung bahkan pada hari itu telah lepas dari permukaan bumi dan saling berbenturan satu sama lain. Apalagi kondisi bumi, tidak ada yang mengendalikan lagi sehingga hancur lebur. Ayat di atas memiliki kemiripan degan Surah al-Waqi‘ah [56] ayat 4–5 yang artinya,

Surat Al-Waqi’ah Ayat 4-5


إِذَا رُجَّتِ ٱلۡأَرۡضُ رَجّٗا ٤  وَبُسَّتِ ٱلۡجِبَالُ بَسّٗا ٥ 

Artinya: 4) apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya 5) dan gunung-gunung dihancur luluhkan seluluh-luluhnya.

Surah Al-Qari‘ah Ayat 1-5


ٱلۡقَارِعَةُ ١  مَا ٱلۡقَارِعَةُ ٢  وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا ٱلۡقَارِعَةُ ٣  يَوۡمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلۡفَرَاشِ ٱلۡمَبۡثُوثِ ٤ وَتَكُونُ ٱلۡجِبَالُ كَٱلۡعِهۡنِ ٱلۡمَنفُوشِ ٥ 

1) Hari Kiamat 2) apakah hari Kiamat itu 3) Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu 4) Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran 5) dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan (Q.S. al-Qari‘ah: 1-5)

Jika keadaan bumi dan gunung saja hancur lebur, apalagi manusia. Dalam Surah al-Qa-ri‘ah di atas dijelaskan bahwa manusia saat itu seperti laron-laron yang beterbangan. Dengan dahsyatnya peristiwa pada hari kiamat tersebut, semua makhluk Allah mati. Tidak ada tanda-tanda kehidupan pada hari itu.

Posting Komentar untuk "Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Hari Kiamat (Hari Akhir)"