Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hadis-hadis Rasulullah S.A.W tentang Qonaah

Hadis-hadis Rasulullah saw. tentang Qona'ah

Qonaah merupakan salah satu sifat teruji yang selayaknya dimiliki oleh semua orang, karena dengan qonaah maka manusia tidak akan serakah dan iri dengan orang lain yang secara material melebihinya. Karena qonaah pada dasarnya merasa cukup dengan pemberian atau rizki yang Allah tetapkan kepadanya dan terus melakukan usaha yang halal untuk memperbaiki keadaan hidup jika ke depan.

Banyak hadis Rasulullah saw. yang menjelaskan tentang sifat qonaah ini, diantara hadis-hadis itu adalah sebagai berikut:

Selalu Melihat Ke Bawah


عن ابى هريرة رضى الله عنه : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم. انظروا الى من اسفل منكم, ولا تنظروا الى من هو فوقكم فهو اجدر ان لا تزدروا نعمة الله عليكم. متفق عليه

Artinya; “Lihatlah orang yang di bawah kalian dan janganlah melihat orang di atas kalian, karena yang demikian itu lebih layak bagi kalian agar kalian tidak memandang hina nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kalian.” (Muttafaqun Alaih)

Kekayaan Hati


عن ابى هرىرة رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ليس الغنى عن كثرة العرض ولكن الغنى غنى النفس. متفق علي 

Dari Abu Hurairah R.A berkata, Nabi SAW bersabda: bukannya kekayaan itu karena banyaknya harta dan benda, tetapi kekayaan yang sebenarnya ialah kekayaan hati. (Muttafaqun Alaih)

Merasa Cukup dengan Rezkinya


عن عبد الله ابن عمرو رضى الله عنهما : ان رسول الله صلى الله عليه و سلم. قال: قد افلح من اسلم  ورزق  كفافا  وقنعه  الله  بما اتاه. رواه مسلم

Dari Abdillah bin Amr sesungguhnya Rasulullah saw bersabda; sungguh beruntung orang yang masuk islam dan rizkinya cukup dan merasa cukup dengan apa-apa yang pemberian Allah. (HR Muslim)

Sifat Manusia yang Tak Pernah Puas


لَوْ كَانَ لِابْنِ آدَمَ وَادِيَانِ مِنْ ذَهَبٍ لَابْتَغَى الثَّالِثَ وَلَا يَمْلَأُ جَوْفَ ابْنِ آدَمَ إِلَّا التُّرَابُ وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ   رواه احمد

Artinya ; Seandainya anak Adam mempunyai dua lembah (terisi) dari emas, pasti ia mengingkinkan lembah ketiga; tidak ada yang mengisi perut anak Adam kecuali tanah, serta Allah meneriman taubatnya orang yang mau kembali kepada-Nya. (HR. Ahmad)

Demikianlah postingan kali ini tentang hadis-hadis Rasulullah saw. tentang qona'ah, semoga dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Hadis-hadis Rasulullah S.A.W tentang Qonaah"