Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Keutamaan-keutamaan Sifat Istiqomah Sebagaimana Yang Dijelaskan dalam Islam

Keutamaan Sifat Istiqomah yang Dimiliki Seseorang

Istiqomah adalah meneguhkan hati untuk tetapi mengikuti tuntunan Allah melalui ajaran syariat Islam yang disampaikan oleh Rasulullah saw. Istiqomah itu berat, dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah teruji keimanannya. Sebagai sifat yang terpuji, istiqomah memiliki begitu banyak keutamaan, diantara keutamaan-keutamaan itu adalah sebagai berikut:

Istiqomah merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah swt


Dalam sebuah hadits digambarkan: Dari Aisyah r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian (maksudnya; istiqomahlah dalam amal dan berkatalah yang benar/jujur) dan mendekatlah kalian (mendekati amalan istiqomah dalam amal dan jujur dalam berkata). Dan ketahuilah, bahwa siapapun diantara kalian tidak akan bisa masuk surga dengan amalnya. Dan amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang langgeng (terus menerus) meskipun sedikit. (H.R. Bukhari).

Istiqomah merupakan jalan menuju ke surga


Sebagaimana firman Allah dala al-Quran surat Fushilat ayat 30 sebagai berikut.

نَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".

Orang yang memiliki sifat istiqomah akan mendapatkan imbalan dari Tuhannya


وَلَوْلَا إِذْ سَمِعْتُمُوهُ قُلْتُمْ مَا يَكُونُ لَنَا أَنْ نَتَكَلَّمَ بِهَٰذَا سُبْحَانَكَ هَٰذَا بُهْتَانٌ عَظِيمٌ

Dan mengapa kamu tidak berkata, diwaktu mendengar berita bohong itu: "Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini, Maha Suci Engkau (Ya Tuhan kami), ini adalah dusta yang besar".(QS. Al-Jin: 16)

Istiqomah merupakan ciri mendasar orang mukmin.


Dalam sebuah riwayat digambarkan: Dari Tsauban ra, Rasulullah saw. bersabda, “Istiqomahlah kalian, dan janganlah kalian menghitung-hitung. Dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amal kalian adalah shalat. Dan tidak ada yang dapat menjaga wudhu’ (baca; istiqomah dalam whudu’, kecuali orang mukmin.) (H.R. Ibnu Majah)

Demikianlah empat keutamaan sifat istiqomah yang dimiliki seseorang yang mampu menjalankannnya. Semoga postingan ini menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk selalu istiqomah berada di jalan Allah swt.

Posting Komentar untuk "Keutamaan-keutamaan Sifat Istiqomah Sebagaimana Yang Dijelaskan dalam Islam"