Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Memiliki Sifat Qonaah


Qona'ah, suatu sifat mulia yang diajarkan oleh agama Islam sebagai pedoman hidup manusia agar tidak tamak dan serakah. Qona'ah merupakan sikap menerima dengan lapang dada semua rizki yang Allah tetapkan kepadanya, dengan terus memperbaiki taraf hidup untuk lebih sejahtera. Dengan sifat qona'ah maka orang akan selalu mensyukuri dan merasa cukup dengan apa yang telah dimilikinya.

Ketika berusaha mencari dunia, orang-orang Qana'ah menyikapinya sebagai ibadah yang mulia di hadapan Allah yang Maha kuasa, sehingga ia tidak berani berbuat licik, berbohong dan mengurangi timbangan. Ia yakin tanpa menghalalkan segala cara apapun, ia tetap mendapatkan rizki yang dijanjikan Allah. Ia menyadari akhir rizki yang dicarinya tidak akan melebihi tiga hal; menjadi kotoran, barang usang atau bernilai pahala di hadapan Allah. Bila kita mampu merenungi dan mengamalkan makna dan pentingnya qona’ah maka kita akan memperoleh ketenangan dan ketenteraman hidup. Dan hendaknya diketahui bahwa harta itu akan ditinggalkan untuk ahli waris.

Dalam kehidupan pribadi setiap muslim, sifat qanaah dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

# Terhindar dari sifat tamak dan dengki.

# Jiwa akan tenang dan tenteram.

# Menimbulkan hati yang sabar dan penuh ketabahan.

# Selalu puas terhadap nikmat yang diberikan Allah.

# Terhindar dari kekhawatiran dan keresahan.

# Sabar atas segala cobaan dari Allah.

Masyarakat akan menjadi baik jika dimulai dari kehidupan pribadi yang baik. Begitu pula manfaat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya manfaat qanaah dalam kehidupan pribadi, otomatis dalam kehidupan bermasyarakat pun sifat qanaah akan bermanfaat. Di antara manfaat sifat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat sebagai berikut:

# Tercipta masyarakat yang senantiasa jujur satu sama lain dalam setiap perbuatan.

# Terjalin hubungan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat.

# Terhindar dari sifat saling iri dan dengki.

# Terhindar dari sifat suka menyakiti dan memfitnah.

Tidak diragukan lagi bahwa  qona’ah dapat menenteramkan jiwa manusia dan merupakan faktor kebahagiaan dalam kehidupan karena seorang hamba yang qona’ah dan menerima apa yang dipilihkan Alah untuknya, dia tahu bahwa apa yang dipilihkan Allah untuknya adalah yang terbaik baginya di segala macam keadaan.

Sikap qona’ah membebaskan pelakunya dari kecemasan dan memberinya kenyamanan psikologis ketika bergaul dengan manusia. Dzunnun al-Mashri mengatakan: “Barangsiapa bersikap qona’ah maka ia bisa merasa nyaman di tengah manusia-manusia sesamanya.”

Sebaliknya, ketiadaan qona’ah dalam hidup akan menyeret pelakunya pada penuhanan materi sehingga kebebasannya terampas karena kerakusan dalam mencari harta duniawi yang memaksanya berbuat apapun untuk mendapatkan harta.

Dengan demikian maka, memiliki sifat qona'ah bukan saja bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi, keluarga dan masyarakat. Semoga kita bagian dari orang-orang yang memiliki sifat qona'ah.

Posting Komentar untuk "Manfaat Memiliki Sifat Qonaah"