Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tanda-tanda Kecil dan Besar Datangnya Hari Kiamat

Pengertian dan Tanda-tanda Hari Kiamat

Hari kiamat atau hari akhir merupakan akhir dari kehidupan di dunia ini dan alam semesta, dan awal dari kehidupan baru di akhirat. Hari kiamat banyak digambarkan di dalam al-Quran, tetapi untuk kepastian terjadinya tidak diberitahukan hanya diberikan tanda-tanda akan datangnya hari itu.

Pengertian Iman kepada Hari Akhir


Iman secara bahasa berarti percaya. Iman menurut istilah berarti diyakini dengan sepenuh hati, diucapkan dengan lisan, dan diwujudkan dengan perbuatan. Hari akhir disebut juga hari kiamat. Hari akhir merupakan hari ketika dunia dan seluruh isinya ini binasa. Iman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa suatu saat dunia dan seluruh isinya akan berakhir. Saat itu manusia akan dibangkitkan dari alam kubur menuju alam akhirat untuk memper- tanggungjawabkan semua perbuatannya di hadapan Allah Azza wa Jalla. Beriman kepada hari akhir merupakan salah satu rukun iman. Seseorang yang tidak mengimani adanya hari akhir bukan orang yang beriman. Hari akhir pasti datang. Kepastian datangnya hari akhir dapat ditemukan dalam ayat Al-Qur’an. Allah Swt. berfirman seperti berikut.
وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٞ لَّا رَيۡبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبۡعَثُ مَن فِي ٱلۡقُبُورِ

Artinya: dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur (Q.S. al-Hajj: 7)

Meskipun kepastian hari kiamat telah dijanjikan oleh Allah Swt., waktu terjadinya tidak kita ketahui. Hanya Allah yang mengetahui waktunya. Bahkan, Nabi Muhammad saw. ketika ditanyakan tentang waktu pasti terjadinya hari kiamat, beliau pun tidak mengetahuinya. Rasulullah hanya memberi penjelasan tanda-tanda tertentu yang menunjukkan datangnya hari kiamat.

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Kiamat atau hari akhir pasti datang. Manusia diberitahu tanda-tanda kiamat melalui Rasulullah saw. Tanda-tanda kiamat dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar kiamat.

Tanda-tanda kecil kiamat menunjukkan bahwa kiamat sudah dekat. Tanda-tanda kecil kiamat antara lain sebagai berikut.

1. Ilmu agama dianggap sudah tidak penting lagi.

2. Minuman keras merajalela.

3. Fitnah muncul di mana-mana.

4. Tersebarnya perzinaan.

5. Hamba sahaya perempuan dikawini tuannya.

Tanda-tanda besar kiamat menunjukkan bahwa kiamat sudah sangat dekat waktunya sehingga hampir terjadi. Di antara tanda-tanda besar kiamat yaitu sebagai berikut.

1. Rusaknya Ka'bah.

2. Matahari terbit dari barat.

3. Keluarnya Imam Mahdi.

4. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara.

5. Keluarnya bangsa Yakjuj dan Makjuj.

Tanda-tanda kecil akan datangnya hari kiamat sudah menjadi hal yang biasa dipertontonkan oleh umat manusia saat ini, dimana kemaksiatan, fitnah, dan berbagai larangan agama dilakukan secara terang-terangan tanpa ada rasa malu sedikitpun. Semoga kita terhindar dari fitnah akhir zaman.

Posting Komentar untuk "Tanda-tanda Kecil dan Besar Datangnya Hari Kiamat"