Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tiga Cara Mengatasi Tamak Harta dan Penumbuh Sifat Qona’ah

Tiga Cara Mengatasi Tamak Harta dan Penumbuh Sifat Qona’ah

Sikap qona'ah tidak bisa datang begitu saja dalam diri sesorang, tetapi sikap itu perlu untuk dilatih, agar menjadi kebiasaan dalam hidup. Olehnyaitu Hujjatul Islam imam al-Ghazali dalam Mukhtashar Ihya Ulumuddin mengatakan ada tiga cara mengatasi tamak harta dan penumbuh sifat Qona'ah yaitu:

1. Dengan amal, yaitu berhemat dalam penghidupan dan bersikap sederhana dalam pembelanjaan. Maka siapa yang ingin dengan mulia dengan sikap qona’ah hendaklah ia menyedikitkan dalam pengeluaran dan nafkah.

2. Pendek angan-angan supaya tidak goyah kerena kebutuhan dan keadaan. Karena panjangnya angan-angan dapat menutupi rasa syukur atas apa yang ia miliki.

3 Dengan memahami bahwa dalam qona’ah terdapat kemulian, kemudahan dan kebebasan dari meminta-minta dan perasaan akan hinanya ketamakan.

Ketika berusaha mencari dunia,orang-orang Qana'ah menyikapinya sebagai ibadah yang mulia di hadapan Allah yang Maha kuasa, sehingga ia tidak berani berbuat licik, berbohong dan mengurangi timbangan. Ia yakin tanpa menghalalkan segala cara apapun, ia tetap mendapatkan rizki yang dijanjikan Allah. Ia menyadari akhir rizki yang dicarinya tidak akan melebihi tiga hal; menjadi kotoran, barang usang atau bernilai pahala dihadapan Allah.

Meski demikian,orang-orang yang memiliki sikap Qana'ah tidak berarti fatalis dan menerima nasib begitu saja tanpa ikhtiar. Orang-orang hidup Qana'ah bisa saja memiliki harta yang sangat banyak, namun bukan untuk menumpuk kekayaan. Kekayaan dan dunia yang dimilikinya, dibatasi dengan rambu-rambu Allah SWT. Dengan demikian, apa pun yang dimilikinya tak pernah melalaikannya dari mengingat Sang Maha Pemberi Rezeki. Sebaliknya, kenikmatan yang ia dapatkan justru menambah sikap Qana'ahnya dan mempertebal rasa Syukurnya.

Tidak tamak terhadap harta  itulah yang menyebabkan keihklasan dalam beramal, yang akan membawa kasih sayang allah, serta tidak mengharapkan hak orang lain itu akan menmbulkan kasih sayang sesama manusia, diceritakan bahwa baginda nabi me

Bila kita mampu merenungi dan mengamalkan makna dan pentingnya Qona’ah maka kita akan memperoleh ketengan dan ketentraman hidup.

Posting Komentar untuk "Tiga Cara Mengatasi Tamak Harta dan Penumbuh Sifat Qona’ah"